Urip Rapanggah.

Beranda » Informatika » Masyarakat Yogyakarta Tolak Pilkada

Masyarakat Yogyakarta Tolak Pilkada

Sumber: Sinar Harapan (02/05/2008)

Berbagai elemen masyarakat Bantul, Yogyakarta, menolak mekanisme pemilihan kepala daerah (pilkada). Mereka menginginkan Sri Sultan dan Pakubuwono langsung ditetapkan sebagai gubernur dan wakil gubernur sebagai bentuk keistimewaan Yogyakarta.

Aspirasi masyarakat Bantul itu disampaikan sekitar 1.500 orang yang mendatangi Gedung DPR, Jakarta, Senin (28/4). Rombongan yang menggelar berbagai kesenian khas masyarakat Bantul itu disambut Ketua DPR Agung Laksono, Ketua DPD Ginandjar Kartasasmita dan berbagai perwakilan fraksi DPR RI.
Ketua DPD Ginandjar Kartasasmita mengatakan usulan masyarakat akan diperhatikan dan perlu dilakukan pengaturan kembali terhadap pemilihan kepala daerah di Yogjakarta.


“Lebih baik kita penuhi keinginan itu,” kata Ginanjar. Menurutnya, permintaan ini bukan berarti melanggar prinsip demokrasi. Keinginan rakyat untuk dipimpin secara otomatis oleh Sultan Hamengku Buwono harus dihargai dan dinilai sebagai sesuatu yang demokratis.
Dia menjelaskan, meskipun di masa yang akan datang harus tetap dipikirkan bagaimana fungsi keraton di dalam masyarakat meskipun gubernurnya orang lain. Artinya, sejauh mana fungsi keraton yang mewakili keistimewaan masih bisa berperan.
Ketua DPR Agung Laksono mengatakan DPR memiliki hak konstitusional untuk meneruskan aspirasi itu. DPR masih menunggu draft rancangan undang-undang tentang kepastian daerah istimewa tersebut. “Pemerintah berjanji bulan Mei ini akan selesai,” ujar Agung.
Kalaupun RUU itu tidak dapat diselesaikan, DPR akan mendesak untuk dibuatkan peraturan pemerintah pengganti undang-undang.
(vidi vici)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: