Urip Rapanggah.

Beranda » Hukum » Pengadilan Tipikor Terancam Bubar!

Pengadilan Tipikor Terancam Bubar!

JAKARTA, KOMPAS.com — Tak jelasnya penyelesaian pembahasan RUU Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) menjadi ancaman bagi eksistensi Pengadilan Tipikor itu sendiri. Putusan MK memberikan batasan pembahasan RUU tersebut harus selesai paling lambat 19 Desember 2009.

“RUU Pengadilan Tipikor akan melanjutkan eksistensi pengadilan tipikor. Kalau UU tidak terbentuk hingga Desember 2009, pengadilan tipikor akan bubar dan kasus korupsi akan kembali ditangani oleh pengadilan umum,” kata Ketua BPH Konsorsium Reformasi Hukum Nasional Firmansyah Arifin, dalam diskusi di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (17/3).

Berangkat dari kondisi itu, Firman melihat indikasi ketidakseriusan pansus RUU Pengadilan Tipikor menyelesaikan tugasnya. Ia lantas mengingatkan agar RUU Pengadilan Tipikor dipandang penting. Hal ini demi meningkatnya legitimasi konstitusional, serta memperkuat transparansi dan akuntabilitas. Keberadaan pengadilan tipikor, juga dinilai penting, mengingat kompleksitasnya perkara korupsi.

“Pengadilan ini juga akan memulihkan kepercayaan publik terhadap pengadilan dan memperkuat upaya pemberantasan korupsi,” ujarnya.

Dari sisi legislasi, pembahasan RUU Pengadilan Tipikor terhambat karena lambannya pengajuan RUU tersebut dari pemerintah. Selain itu, rendahnya komitmen anggota Dewan juga menjadi kendala tersendiri. “Hingga saat ini baru empat fraksi yang membuat DIM (Daftar Inventarisasi Masalah), sidang pansus juga baru delapan kali dilakukan,” lanjut Firman.

Ia mengharapkan, pimpinan DPR tegas melakukan kontrol atas kinerja pansus yang bersangkutan. Kampanye antikorupsi tampaknya perlu pembuktian dengan keseriusan fraksi-fraksi di DPR untuk menuntaskan pembahasan RUU Pengadilan Tipikor ini.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: