Urip Rapanggah.

Beranda » Profil

Profil

Biasa aja dong BuNG!!!!

Ahmad Mufid Bisri
Pertama kali hadir di dunia pada 15 September tepatnya pada hari Senin (jangan dipelet) tahun 1986 (kata ortu sih) di satu pedesaan yang penghuninya bangga menyebut “Jatisari” Kec. Wilangan sebelah barat kota Nganjuk Jawa timur.
Sejak Lulus MI (kurang lebih tahun 1997) harus meninggalkan kampung halaman demi satu mimpi yang sering ditanyakan oleh kedua orang tua.

Ijasah Tsanawiyyah berhasil didapatkan di Mts. Miftahul Huda Semanding Saradan, Madiun (Tiga tahun dilalui dengan status santri. Belum puas dengan lembaran “penting” itu harus dilanjutkan nyantri lagi. Kali ini yang jadi tujuan adalah kota Jombang. Tepatnya di Pesantren Tebuireng. Pondok itu didirikan oleh Syekh KH. Hasyim Asy’ari (Pendiri Jam’iyyah Nahdhotul Ulama’) dan sekarang diasuh oleh KH. Ir Salahuddin Wahid (adiknya Gusdur). Lulus Aliyah pada tahun 2004 di MASS Aliyah Tebuireng.

3 tahun tak terasa berada di sana. Kemudian dilanjutkan perkelanaan ini ke Malang. Kali pertamanya meninggalkan dunia pesantren. Alih-alih mengadu nasib mendaftar kuliah D1 jurusan Teknik Informatika dan Komputer di Wearnes Pusat Malang (www.wearneseducation.com). Selama satu tahun memang hari-hari sulit sebab harus “banting setir” (dari kecil ngaji besarnya malah ambil jurusan komputer) pergaulanpun tak terbendung. Namun hal itu merupakan tatangan sendiri.

Singkat cerita, pada tanggal 1 Agutus 2005 dinyatakan lulus setelah ujian komprehensip 3 jam (Bayangkan 3 jam ini merupakan penentuan nasib kuliah selama satu tahun).

Back to Tebuireng
Ternyata kelulusan itu adalah awal perjuangan sebenarnya. Menentukan sendiri ke mana selanjutnya harus melangkakan kembali kaki ini membawa asa adalah pekerjaan super susah? Setelah melalui tujuh kali keliling pusing (apa ya maksudnya?) keputusannya adalah kembali kembali ke Tebuireng, Pesantren yang dulu pernah memberi tumpangan mencari ilmu Allah. Status santripun kembali melekatdi sana. Luar biasa ternyata ilmu komputer juga dibutuhkan di Pesantren. Itu berawal dari perkenalan (lebih sopan memakai kata “sowan”) dengan para Gus (Julukan untuk anak Kyai atau orang yang punya kedudukan tinggi) di sana dan mendapatkan kepercayaan untuk membantu beberapa keperluan Pesantren terutama yang berkaitan dengan komputer.

makan bareng

Di Samping itu mendaftar di IKAHA (Institut Keislaman Hasyim Asy’ari) Tebuireng dengan Jurusan Syari’ah Peradilan Agama (Banting setir lagi). Sampai sekarang menjalani hari-hari di pesantren dan Institut ini, sekali lagi demi sebuah mimpi.

Ya, satu impian yang kata bang Iwan Fals “sering ganggu tidurmu”. Memang demi impian itu kita harus bekerja keras. Tak pelak tidurpun sering gak nyanyak. Malam jadi siang, siang jadi malam, hidup ala kadarnya di bawah naungan sang Maha Kuasa.

img_2400.jpg

Penting rasanya diperkenaljuga, Sang Maha Kuasa itu adalah Allah. Percaya atau tidak (wajib percaya) Dia adalah Dzat yang jiwa raga kita semua berada dalam “Gengggaman tangan-Nya”. Karena Dia juga kita masih bias bernafas, dan semoga hari-hari nafas kita selalu tercurah untuk kebaikan yang selalu diridhoi-Nya. Amin……..

Jika hidup adalah perjuangan, maka berjuanglah dalam kebaikan. Kebaikan yang dibalas dengan kebaikan, itu wajar. Kebaikan yang dibalas dengan kejahatan, harus sabar. Kejahatan yang dibalas dengan kejahatan, itu dendam. Kejahatan yang dibalas dengan kebaikan, itulah harapan.


17 Komentar

  1. zhai ling mengatakan:

    Selamat…
    Sekarang aku bukan adik pean lagi. Jadi, hidup pean bisa lebih tenang dari sebelum2nya. Tapi, meskipun aku bukan adik pean, titipanku (kripik nangka) masih tetep berlaku lo, ya! Tak tunggu oleh2nya dari Malang. Makasih!!!🙂

    Eh, iya. Satu lagi.

    Mpun supe pesene Mas Andre, mbinjing Selasa, 3 Juni 2008, jam 9 injing wonten diskusi ten kampus. Materine pemberkasan. Mantun ngoten dilajengaken kale rapat kelompok. Menawi saged, nggih pean ndugi. Menawi mboten saged, nggih mboten napa2.

    See you… Muvid’s smile is here.

  2. Adik'e Muvid mengatakan:

    Mas…
    Adik kangen…

  3. Lidya el makmun mengatakan:

    he he.. hidup memang pilihan. menjadi siapa, apa dan kenapa. kita sendiri yang menjawabnya. pilihlah segala sesuatu yang membuatmu menjadi yang ‘Terpilih’. maka hidupmu jauh akan lebih bermakna. karna inti kehidupan terdalam adalah mencari makna.

    bingung??

    aq juga bingung kok he..he..

    (coba baca lagi)

  4. mufid mengatakan:

    Lam kenal, wah hebat antum…
    itulah perjuangan hidup.
    anda telah berusaha menjadi diri sendiri.
    itulah tujuan proses kehidupan.
    iktui apa kata hatimu.
    insyaalooh itu yang terbaik.
    moga sukses selalu…
    kalo ndak sibuk tuh kunjungi web percobaan. saya mohon saran dan masukan… trims.
    moga qita menjadi mufid yang sebenar2nya bermanfaat bagi semua makhluk. keep spirit !!!

  5. Mba'_e muuu.... mengatakan:

    emmmmmmmm…komentarnya apa ya…. lagi buntu nih ya… terus maju menjadi lebih baik dah!

  6. Lidyaelmakmun mengatakan:

    “selagi muda jadilah petarung bagi impian anda. jika tidak maka anda akan menjadi tawanan bagi penyesalan-penyesalan anda”. (Mario Teguh)

    ^_^ oleh-oleh untuk km. mb’ dapet dari siaran ulang acara Golden Ways tadi siang. coba dech km tonton acarax tiap hari minggu malam. kamu akan temukan banyak jawaban hidup disana.

  7. Adenan.. mengatakan:

    Assalamualaikum..saudara, saya mohon izin saudara untuk menggunakan picture dari blog saudara ini..

    saya menggunakannya untuk dijadikan header page background blog saya..

    ini link piture saudara..

    saya harap saudara reply mesej ni dengan segera..
    syukran..

  8. cak kamal mengatakan:

    bagus mas tulisannya, pokoknya tetap berjuang tanpa lelah. mudah2han sudah menemukan pilihan yang tepat.

  9. Lidyaelmakmun mengatakan:

    vid, d arsip bln agustus ’09 da bacaan yang benar-benar cocok d jadikan renungan d tiap sepertiga malammu..’kemana usiamu saat segini umurmu’. mantap kali tu.

  10. Me ^_^ mengatakan:

    Oy, setelah baca kembali profil mu dan nemuin tanggal lahir km. jd terinspirasi buka-buka artikel untuk mempelajari karakter/watak km.

    INI DIA HASILNYA!!!!

    *Mudah tersinggung dan cepat naik darah (hayoo.. km ketahuaan..)
    *Baik hati dan jujur (emm..ga’rugi dah punya temen k-mu)
    *Bisa menyimpan rahasia (enak donk buat tempat curhat)
    *Suka berfoya-foya (fhuiih ni dia..di kurangi bos! entar ga kaya-kaya)
    *Tidak pelit (emang harusnya gitu..)
    *Suka menolong sesama dan pandai mendidik anak ( he.he sosialis juga ye..Oy bapak yang baik jg nih..)
    *Setia kawan, rela berkorban, baik hati, hormat pada orang tua, namun mudah terpengaruh..(Bagus.cuma..Jati dirinya dikuatin lah..)
    *tidak pandai bicara ( emm..tapi vocal juga k-lo ngomong 4 mata ma orang pasif.he..he. yaiyalah..)

    BELAJAR DARI SEEKOR LEBAH, IA MENGAMBIL SARI BUNGA YANG BAIK DAN MEMBUANG YANG TIDAK BAIK. so, jadikan yang baik-baik tu menjadi watak/karaktermu dan buang jauh yang sebaliknya.

    See..U…

  11. Arline mengatakan:

    Lumayan lah..

  12. NN mengatakan:

    Hanya kesholihannyalah yang membuat hati ini menjadi semakin mantap melanjutkan jawaban istikhoroh itu..
    (bingung? Sami ugi, sami rawon..)

  13. wenpi mengatakan:

    aku temenmu tapi kalo bisa jadiin aku muridmu nda ya!!

  14. Lidyaelmakmun mengatakan:

    Saudaraku yang hilang..smoga masih ingat…
    oy, mb’ suka setting websitemu yang baru ni..

  15. zana mengatakan:

    mohon kopi paste pantun agama

  16. musfiroh fidiana mengatakan:

    aku mau kayak kamu da die kampus u nak dec

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: